Alasan utama yang diungkapkan oleh pemain top dunia Cristiano Ronaldo pilih untuk hengkang dari Real Madrid musim panas ini. Ronaldo pilih untuk hengkang ke Juventus sesudah sembilan tahun memperkuat skuad Los Blancos dengan meraih banyak kesuksesan.
Transfer dari Ronaldo ini memang dapat dikatakan sensasional pada waktu itu. Lantaran dirinya yang baru membawa skuad Real Madrid keluar sebagai juara Liga Champions kali ketiga beruntun, namun dirinya dan juga manajer Zinedine Zidane pilih untuk hengkang.
Memang bukanlah sebuah rahasia lagi jika alasan utama dari Ronaldo hengkang merupakan masalah pajak yang sering mengikat dirinya. Dirinya akhirnya kesal lantaran terus dikejar oleh petugas pajak walaupun ia merasa telah membayar semua kewajibannya di Spanyol.
Cristiano Ronaldo selalu mengatakan jika dirinya tak pernah merasa bersalah dengan kasus pajak yang selalu mengikatnya itu. Dia juga menambahkan jika dia merupakan orang yang kurang berpendidikan formal, dan selalu percayakan semua keuangannya itu pada orang-orang yang kompeten. Ronaldo memang rela membayar mahal supaya semua harta yang dirinya miliki ini bisa diatur dengan baik dan juga benar.
Mendiskusikannya dengan para penasehat keuangan yang mengatur keungaannya ini, Ronaldo marah besar pada waktu dirinya diungkapkan terlibat dalam kasus penggelapan pajak.
“Saya sudah mengungkapkan jika saya tidak ingin mengambil resiko. Saya memang tak belajar formal dan memang jika yang saya jalankan sepanjang hidup saya ini hanya bermain sepakbola. Namun saya bukanlah orang yang bodoh dan saya tak akan percaya dengan siapapun. Hal tersebut juga yang menjadi sebab saya selalu mengeluarkan 30 persen lebih banyak dari yang diinginkan pada saat memilih seorang penasehat keuangan. Lantaran saya tidak ingin mendapatkan masalah!” papar Cristiano Ronaldo.
“Saya tidak pernah mengungkapkan jika saya tak ingin membayar pajak. Saat ini yang saya ingin ketahui yakni apa yang sudah terjadi. Saya tidak mengerti lantaran sepengetahuan saya semua pajak memang harus dibayar oleh sponsor. Dan kemudian mengapa saya sekarang ini dituduh telah menggelapkan pajak?”